Ini Dia 6 Khasiat Buah Blueberry

Ini Dia 6 Khasiat Buah Blueberry
Ini Dia 6 Khasiat Buah Blueberry - Anda pernah mencoba buah blueberry? Buah blueberry berasal dari Amerika bagian utara. Bagi penduduk Indonesia, mungkin buah ini kurang familiar sebab tidak banyak dijual di pasaran. Ketenarannya masih kalah dengan stawberry, yang sudah ditanam di berbagai wilayah di tanah air.

Buah blueberry berwarna hijau pucat ketika belum matang, kemudian berubah menjadi ungu saat sudah matang. Buah tersebut biasanya memiliki diameter 5-16 mm, dan mempunyai semacam mahkota di bagian bawah. baca juga: 8 Khasiat Alpukat Yang Jarang di Ketahui

Kandungan

Blueberry mengandung berbagai zat gizi seperti mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, seng, vitamin B1,B2,B3,B6,C,E dan K, serta karbohidrat dan lemak. Kandungan mangan dan vitamin K dalam buah blueberry ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh setiap harinya.

Tidak hanya itu, blueberry juga mengandung antosianin, pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Selain antosianin, kandungan lains eperti proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin, yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang).

Selain itu, buah musiman ini juga mengandung proanthocyaanidins, senyawa yang dikenal berkhasiat menguatkan dinding-dinding pembuluh kapiler yang melemah akibat cedera. Hasilnya, warna kebiruan dari memar Anda akan lebih cepat pudar. Flavonoids dan vitamin C di dalam blueberry juga meningkatkan aliran darah sehingga mengurangi pembengkakan.

Khasiat

Beberapa khasiat buah blueberry antara lain:
  • Mengurangi kerusakan otak akibat stroke.
  • Mencegah infeksi saluran kencing
  • Menurunkan kolesterol dan kadar lipid total dalam darah.
  • Mengatur tekanan darah.
  • Mengatasi luka memar dan pembengkakan.
  • Memperlambat proses penuaan kulit akibat radikal bebas.
  • Resep Ramuan
  • Dengan hanya mengomsumsi ½ cangkir blueberry Anda sudah bisa merasakan manfaat dari antioksidan yang terkandung dalam blueberry selama satu hari.