5 Khasiat dan Manfaat Terbaik Kurma

5 Khasiat dan Manfaat Terbaik Kurma - Kurma merupakan buah yang sangat istimewa khususnya bagi umat muslim, kerena merupakan buah yang disunnahkan Rasulullah untuk santapan saat berbuka puasa. Buah kurma dapat dimakan langsung atau diolah menjadi pasta, selai, kue, dan juga sirup. Pohon kurma tumbuh di daerah beriklim panas. Tanaman ini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dikomsumsi oleh masyarakat Timur Tengah sejak dahulu kala.

Kandungan

Buah kurma mengandung berbagai komponen zat gizi. Dalam setipa 100 gr buah kurma terkandung 75 gr karbohidrat (yang terbagi atas 63 gr gula dan 8 gr serat makanan), 0,4 gr lemak, 2,5 gr protein, 21 gr air, 0,4 mg vitamin C, serta 0,262 mg mangan. Secara keseluruhan, tanaman kurma merupakan sumber senyawa tanin. baca juga : 12 Khasiat dan Manfaat Terbaik Pepaya

Khasiat

Buah kurma dapat diolah menjadi jus, pasta, atau sirup. Yang bisa digunakan secara tradisional untuk mengobati sakit tenggorokan, demam, serta radang selaput lendir di hidung. Di India, getah yang keluar dari kulit batang kurma digunakan untuk mengobati diare.
Kurma memiliki beragam khasiat, antara lain:
  • Mencegah dan Mengobati Sakit Perut
  • Menyembuhkan Diare
  • Mengobati Pilek dan Radang tenggorokan
  • Kurma yang diisi dengan biji pinus dipercaya sebagai obat penyubur bagi wanita yang ingin memiliki anak.
  • Mampu meningkatkan stamina khusus pria.

Resep Ramuan

Makan buah kurma secara langsung sebelum emngomsumsi nasi atau makanan utama. Selain itu, buah kurma juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat roti, kue, cake, dan berbagai jenis kue basah dan kering.