Mengenal Buah Belimbing dan 7 Khasiatnya

Buah Belimbing dan 7 Khasiatnya
Mengenal Buah Belimbing dan 7 Khasiatnya - Di Indonesia terdapat 2 jenis belimbing, yakni belimbing buah yang manis rasanya dan belimbing sayur atau belimbing wuluh yang terkenal sangat asam. Selain rasanya yang bertolak belakang, perbedaan keduanya terletak padabentuknya. Bentuk belimbing buah identik dengan 5 geriginya, sedangkan belimbing wuluh tidak memiliki gerisi sama sekali, dan sejak kecil sampai tuanya selalu berwarna kehijauan.

Kandungan

Belimbing memiliki kandungan energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan air. Selain itu, belimbing juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, serta mengandung kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah sebagai obat hipertensi. Karena kalorinya yang rendah, buah belimbing cocok untuk orang yang memiliki berat badan berlebih.

Khasiat

Siapapun yang menyukai belimbing, pasti memilih belimbing berukuran besar, berwarna kuning, berserat halus, dan memiliki rasa yang manis menyegarkan. Jika Anda termasuk penyuka belimbing, tidak salah jika Anda juga memperhatikan beberapa manfaat yang terdapat didalamnya, antara lain:
  1. Menurunkan Kolesterol
  2. Mencegah Penyebaran Sel Kanker
  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  4. Menghindari Sariawan
  5. Mengobati Hipertensi, Malaria, Sakit Maag, Rematik, dan Batuk pada Anak-anak.
  6. Melancarkan Air Kencing
  7. Menghilangkan Bisul

Resep Ramuan

Mengobati Hipertensi
Pertama, beberapa buah belimbing mudah diparut, kemudian diminum air perasannya, lakukan dua kali dalam sehari.

Cara lainnya, segenggam daun belimbing manis dicuci bersih, ditumbuk, diperas, dan diambil airnya sebanyak 1 sendok makan (sdm). Campurkan perasan tersebut dengan 1 sdm air jeruk nips dan 1 1/2 sdm madu. Lakukan 2 kali sehari.

Menghilangkan Bisul
Beberapa helai daun belimbing segar dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi air cucian beras. Tempelkan ramuan tersebut ke bisul, lalu dibalut.

Meredakan Rematik
Tumbuk akar pohon belimbing dengan sedikit kencur. Campurkan tepung beras secukupnya dan sedikit air ke ramuan tersebut. Tempelkan kebagian tubuh yang sakit.

Melancarkan Air Kencing
Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih, kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa ½. Saring air rebusan, beri sedikit madu. Minum 2 kali sehari.

Mengobati Malaria
Segenggam daun belimbing kering diseduh dengan segelas air yang mendidih. Saring dan minum 2 kali sehari.

Menyembuhkan Sakit Maag
10 helai daun belimbing, seujung jari kunyit, dan seujung jari temu kunci, direbus dengan ½ gelas air mendidih. Setelah dingin, minum 1 kali sehari.

Meredakan Batuk dan Anak-anak
2 buah belimbing yang sudah masak dimakan 2 kali sehari (Cara ini juga digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan, demam, dan kolesterol).