8 Khasiat Alpukat Yang Jarang di Ketahui

Khasiat Alpukat Yang Jarang di Ketahui
8 Khasiat Alpukat Yang Jarang di Ketahui - Buah alpukat memiliki kulit lembut tak rata, berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada jenisnya. Daging buah alpukat yang dekat dengan kulit berwarna hijau muda, sedangkan yang dekat biji berwarna kuning muda. Tekstur buah alpukat sangat lembut.

Kandungan

Buah alpukat memiliki kandungan lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Jenis lemak yang dikandung alpukat termasuk lemak tak jenuh, sehingga mudah dicerna  dan berguna bagi tubuh. Kandungan lemak ini memberikan energi yang cukup tinggi, dengan rasa yang gurih dan lezat. Dalam 1 buah alpukat, terdapat berbagai macam nutrisi, antara lain vitamin A,B,C dan E, fosfor, kalsium, zat besi, sodium, kalium, dan niacin.

Khasiat

Buah alpukat banyak mengandung mineral yang kesemuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia.

Buah alpukat merupakan sumber vitamin E dan beberapa vitamin B. Kandungan serat buah alpukat secara simultan dapat membantu proses pencernaan. Buah alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.

Secara keseluruhan, manfaat buah alpukat bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  • Menurunkan kolesterol darah
  • Melembabkan kulit
  • Untuk Creambath
  • Membantu regenerasi darah merah
  • Mencegah anemia
  • Mencegah Konstipasi
  • Mencegah Malnutrisi
  • Sumber Kandungan Lemak Tak Jenuh

Resep Ramuan

Untuk Kondisioner

Siapkan 1 buah, 2 sendok makan (sdm) madu dan 1 dm VCO. Aduk dan hancurkan alpukat sampai bercampur rata dengan madu dan VCO. Sisir rambut dengan sisir jarang agar tidak ada rambut yang terbelit. Lalu, oleskan ramuan alpukat pada rambut, 1 cm diatas pangkal sampai ke ujung. Karena ramuan ini kondisioner, tentu Anda tidak boleh memolesnya sampai ke akar. Sebab, bila jenis rambut Anda adalah rambut kering dan berminyak, maka rambut Anda justru akan semakin berminyak. Jika Anda mengalami kesulitan, oleskan dengan sisir agar merata. Pijat lembut ujung-ujung rambut Anda dengan ramuan kondisioner alpukat dan biarkan hingga 15-20 menit. Bilas rambut Anda dan beri sedikit sampo agar rambut Anda bersih dari residu alpukat. Keringkan rambut dengan handuk tebal, lalu pijat lembut dan hindari penggunaan hairdryer. Jika Anda rutin melakukannya 2 minggu sekali, rambut kering dan bercabang milik Anda perlahan akan kembali normal.

Untuk Lulur Alami

½ buah alpukat ukuran besar atau 1 buah alpukat ukuran kecil yang sudah masak, dihancurkan sehalus mungkin. Lalu, dicampur dengan 60-80 gr tepung beras, 5 ml baby oil, dan air secukupnya hingga menjadi adonan pasta yang tepat untuk dibuat scrub. Balurkan scrub tersebut secara merata keseluruh tubuh sambil dipijat-pijat perlahan. Setelah itu diamkan sesaat hingga mengering. Scrub ini sangat cocok untuk kulit yang cenderung kering atau sangat kering. Karena selain berfungsi untuk mencerahkan dan menghaluskan, scrub alpukat mampu menjaga kelembutan kulit sehingga tidak mudah kusam dan keriput. Baca juga artikel sebelumnya : 5 Khasiat dan Manfaat Terbaik Kurma