Buah Kelengkeng dan Khasiatnya

Buah Kelengkeng dan Khasiatnya
Buah Kelengkeng dan Khasiatnya - Buah kelengkeng memiliki 2 sebutan lain, yaitu buah mata kucing dan longan. Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan memiliki bentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Pada pertumbuhannya, buah kelengkeng bergerombol pada tangkainya. Kulit buah berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil, dengan daging buah yang berwarna putih bening dan berair. Rasanya  sangat manis dan memiliki aroma harum yang khas. Bijinya berbentuk bulat, terdiri dari 2 keping dan dilapisi  kulit biji yang berwarna hitam. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mengandung karbohidrat, sedikit minyak, dan saponin.

Kandungan buah kelengkeng

Pada daging buah kelengkeng terdapat kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan.

Khasiat Kelengkeng

Beberapa khasiat kelengkeng yang dapat Anda rasakan, antara lain:
  1. Mengendurkan saraf
  2. Mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi
  3. Menyehatkan jantung dan meredakan jantung yang berdebar keras.
  4. Memperkuat limpa
  5. Meningkatkan produksi darah merah.
  6. Menambah selera makan dan menambah tenaga.
  7. Menyehatkan usus, dan memperbaiki proses penyerapan makanan.
  8. Melancarkan buang air kecil.
  9. Mengatasi cacingan
  10. Menyehatkan mata
  11. Mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.

Resep Ramuan

  • Mengembalikan kebugaran badan setelah sakit. Makan 250 gr buah kelengkeng segar setiap hari.
  • Menambah selera makan dan menguatkan limpa. Makan 60 gr buah kelengkeng segar 2 kali sehari, tiap pagi dan malam. Cara ini juga dapat mengatasi diare.
  • Menyembuhkan luka bakar. Ambil sedikit biji kelengkeng, lalu bakar sampai menjadi arang. Setelah itu, tumbuk hingga halus dan campurkan dengan minyak tung, lalu oleskan pada bagian yang sakit.
  • Mengobati luka bakar yang tidak kunjung sembuh
  • Ambil sedikit biji kelengkeng yang sudah kering, lalu bakar hingga menjadi arang. Kemudian, tumbuk sampai halus dan tambahkan minyak zaitun. Oleskan pada luka.